Thursday, December 29, 2011

Tema : Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan

PENGARUH BURUK TEKNOLOGI


          Perkembangan suatu zaman sangat dipengaruhi oleh keadan kondisi sekitarnya. Perkembangan itu diawali dengan kemajuan ilmu pengatahuan dalam teknologinya dari situlah suatu Negara atau wilayah dapat memajukan dalam bidang  teknologinya untuk kemajuan berbagai bidang kehidupan manusia tersebut dengan lebih baik lagi.

            Teknologi yang berkembang dengan pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Luasnya bidang teknik digambarkan sebagaia berikut :
1. Teknik meluputi bidang ekonomi, artinya teknik mampu menghasilkan barang-barang industri. Dengan teknik, mampu mengkonsentrasikan capital sehingga terjadi sentralisasi ekonomi
2. Teknik meliputi bidang organisasional seperti administrasi, pemerintahan, manajemen, hukum dan militer
3. Teknik meliputi bidang manusiawi. Teknik telah menguasai seluruh sector kehidupan manusia, manusia semakin harus beradaptasi dengan dunia teknik dan tidak ada lagi unsur pribadi manusia yang bebas dari pengaruh teknik.

Pada saat ini perkembangan zaman berteknologi sudah banyak yang tidak melihat kondisi dari lingkungan alam sekitarnya yang tanpa mereka sadari alam ini sudah tampak terlihat tidak bersahabat lagi dengan manusia. Alam sudah menunjukan perubahannya dengan kondisi alam yang cukup ekstrim dengan terjadinya bencana alam yang ada dimana-mana. Ini termasuk dalam salah satu faktor akibat dari teknologi manusia yang tidak bertanggung jawab kepada lingkungan alamnya. Walaupun tidak semua teknologi-teknologi berpandangan seperti itu masih banyak juga teknologi yang menerapkan sistem dengan berwawasan lingkungan.

Dibawah ini adalah ciri-ciri kondisi fisik alam yang sudah tidak bersahabat dengan manusia :
  • ·         GLOBAL WARMING, yang sebagian besar terjadi akibat efek yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca. Ini sangat mempengaruhi pada lapisan ozone Bumi kita, yang bila mana rumah kaca ini diperbanyak maka akan membuat lubang pada lapisan ozone.
  • ·        Cuaca Ekstrim, cuaca yang sudah tidak tentu perubahnya yang terjadi akibat tidak seimbangnya keadaan alam pada bumi ini.
  • ·         Gempa Bumi, yang terjadi akibat adanya perubahan pergeseran pada lempeng bawah bumi.
  • ·         Banjir Bandang, karena faktor manusia yang tidak memikirkan alam itu sendiri dengan kebisaanya menebang pohon secara liar untuk kepentingannya sendiri dan juga membuang sampah pada tempat yang seharusnya.
  • ·         Tanah Longsor, akibat dari penebangan secara liar yang mana penampungan wadah air yang ada dihutan dirusak.


Dari ciri-ciri kondisi alam yang telah disebutkan diatas tersebut adalah salah satu fakta yang telah terjadi pada bumi kita ini. Kondisi tersebut dapat terminimalisirkan dengan ilmu pengetahuan teknologi yang berbasis alam yaitu teknologi yang penerapannya memperhatikan alam sekitar.

Dengan keadaan alam yang sudah seperti ini kita sebagai manusia dimuka bumi, kita harus segera menyelamatkan kondisi bumi yang memang sudah semakin tua untuk kelanjutan penerus generasi-generasi baru yang akan datang. Dengan cara menanamkan pohon-pohon untuk melakukan penghijauan dan tidak membuang sampah sembarangan kita sudah melakukan upaya penyelamatan pada bumi ini.

Teknologi Dalam konsep yang pragmatis dengan kemungkinan berlaku secara akademis dapatlah dikatakan bahwa pengetahuan (body of knowledge), dan teknologi sebagai suatu seni (state of arts ) yang mengandung pengetian berhubungan dengan proses produksi; menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modal, tenaga kerja dan ketrampilan dikombinasikan untuk merealisasikan tujuan produksi. Teknologi memperlihatkan fenomena alam masyarakat sebagai hal impersonal dan memiliki otonomi mengubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkup teknis.

Fenomena teknik menurut Sastrapratedja (1980) memiliki ciri sebagai berikut :
1. Rasionalistas, artinya tindakan spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional
2.     Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah
3.     Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Demikian juga dengan teknik mampu mengeliminasikan kegiatan non teknis  menjadi kegiatan teknis
4.      Teknik berkembang pada suatu kebudayaan
5.      Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung
6. Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan
7.     Otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.

No comments:

Post a Comment